Digital agency tangerang - Menurut anda, KPI di
Sosial media sangat penting atau tidak?
Bagi sebagian besar
pemilik usaha bisnis sudah mengetahui tentang KPI di sosial media, namun sebagian
seperti pengusaha UKM mungkin masih asing dengan istilah ini. KPI sendiri
adalah Key Performace Indicator merupakan akronim dari target yang harus
dicapai dari suatu pekerjaan. Dalam konteks ini saya akan membahas KPI di area
sosial media.
Digital agency tangerang |
Sebelum memulai
melakukan periklanan melalui sosial media anda perlu menentukan terlebih dahulu
berapa besar dan berapa lama terget yang harus dicapai oleh pelaksana kegiatan
tersebut namun biasanya untuk para pengusaha UKM seringkali tidak melakukan ini
khususnya dalam memaksimalkan social media mereka.
KPI atau targetan yang
harus dicapai menjadi tolak ukur dalam merusmuskan startegi apa saja yang harus
dilakukan untuk mencapainya. KPI bisa berupa jumlah follower di Instagram,
Jumlah fans di fanpage, total score engagement, atau total pengunjung website,
tergantung dari goal yang ingin dicapai.
Tentukan KPI jangan
terlalu rendah karena tidak akan memotivasi untuk berkembang namun juga jangan
terlalu tinggi hingga terlihat mustahil. Buatlah target yang visible untuk
dicapai dan tambahkan nilainya lebih tinggi sehingga bila meleset maka tidak
akan terlalu jauh dengan yang diinginkan.
Perlahan namun pasti
tingkatkan KPI yang harus anda capai agar terlihat perkembangan dan akun social
media. Misal dalam 3 bulan awal anda menargetkan penambahan 600 follower baru
setiap bulannya maka di 3 bulan setelahnya targetkan yang lebih besar misal 800
follower baru per bulan lalu selanjutnya dapat meningkat menjadi 1000 follower
baru.
KPI tidak sama untuk
semua bidang karena masing-masing bidang menggunakan pendekatan yang berbeda
untuk mencapainya. Sebagai contoh, KPI yang diberikan untuk bidang asuransi
tidak akan setinggi untuk bidang teknologi dalam kondisi brand identity yang
hampir sama dikenal masyarakat.
Dengan adanya KPI maka
kita akan lebih terpacu untuk mengembangkan social media yang kita miliki
sehingga perkembangan yang diinginkan dapat semakin terlihat dan pada akhirnya
dapat digunakan untuk menunjang usaha kita. Bila perusahaan besar saja
melakukan hal ini untuk membuat mereka menjadi lebih berkembang, mengapa
perusahaan UKM tidak melakukannya di social media?
Sekarang anda sudah
tahukan keuntungan KPI di social media dan kenapa KPI masih sangat penting di
kalangan pemilik bisnis, Nah. Anda masih berpikir kalau KPI tidak penting? Digital agency tangerang
No comments:
Post a Comment