Monday, February 10, 2020

Digital Agency Tangerang - Apa itu persona audiens dan mengapa itu penting?


Apa itu persona audiens?
Digital Agency Tangerang - Persona audiens adalah karakter fiksi (berdasarkan data nyata dan riset pasar) yang mewakili segmen audiens target. Mengembangkan persona audiens adalah metode yang digunakan pemasar dan pembuat konten untuk membantu mereka menerapkan strategi pemasaran yang solid dan membuat konten yang lebih baik. Dengan mempresentasikan penelitian yang telah mereka lakukan pada audiens mereka dengan cara yang membuat audiens menjadi hidup, pencipta dan pemasar lebih mampu memahami siapa yang mereka targetkan. Idenya adalah ketika Anda dapat mengidentifikasi orang sungguhan untuk membuat konten (atau layanan dan produk), Anda akan melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagian besar bisnis mengembangkan beberapa persona audiens untuk mewakili berbagai jenis pelanggan yang termasuk dalam target audiens mereka. Tidak ada aturan tentang berapa banyak yang harus Anda miliki, tetapi saya akan merekomendasikan antara 2 dan 5. Catatan: Anda mungkin pernah mendengar istilah audiens personas, atau Anda mungkin lebih akrab dengan frasa yang sama, seperti persona pembeli, avatar pelanggan , target pelanggan, atau profil audiens. Pada dasarnya, (paling tidak menyangkut bisnis kecil), ini semua adalah hal yang sama. Ada banyak teknik yang digunakan untuk melakukan riset pasar dan berbagai cara menganalisis dan menyajikan data yang dikumpulkan.

 Digital Agency Tangerang

Mengapa persona audiens penting?

Seperti segala bentuk riset pasar, persona audiens dapat memberi Anda pemahaman yang lebih luas dan lebih dalam tentang audiens target Anda. Tanpa persona audiens (atau segala bentuk riset pasar) Anda berisiko membuang waktu dan uang untuk mengembangkan produk dan layanan yang tidak sesuai dengan target pasar Anda. Terlebih lagi, Anda tidak akan tahu bagaimana dan di mana untuk mencapai target pasar itu. - 
Digital Agency Tangerang



Manfaat menggunakan persona audiens
Manfaat utama dari mengembangkan persona audiens yang diteliti dengan baik untuk bisnis Anda meliputi:
·         Identifikasi tantangan, kebutuhan, dan keinginan pelanggan Anda
·         Memahami apa yang mereka pedulikan dan apa yang mereka minati
·         Menemukan di mana mereka menghabiskan waktu mereka
Dan, setelah Anda mengetahui semua itu, Anda akan dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih baik yang lebih cocok untuk audiens Anda. Anda juga dapat memasarkan ke pemirsa itu secara efektif. Pemasaran adalah tentang orang, Anda tahu. Ini tentang mengenal sekelompok orang tertentu dan belajar sebanyak mungkin tentang mereka. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan dapat mengubahnya menjadi pelanggan dan mempertahankannya.
Proses pengembangan persona audiens biasanya dimulai dengan mengidentifikasi poin data Anda. Anda harus bertanya pada diri sendiri elemen kunci informasi apa yang akan Anda temukan tentang audiens Anda. Sebagian besar bisnis, terlepas dari apa produk atau layanan mereka, akan tertarik mengetahui informasi berikut tentang audiens mereka:
·         Usia
·         Seks
·         Lokasi
·         Pendapatan
·         pendidikan
·         Keluarga
·         Minat

Di mana segala sesuatu menjadi sangat menarik, dan di mana Anda dapat menyesuaikan penelitian Anda sesuai dengan apa yang sesuai untuk bisnis Anda, adalah ketika kami mulai melihat hal-hal seperti:
·         Tujuan dan impian
·         Tantangan
·         Nilai-nilai
·         Ketakutan
·         Gaya hidup dan rutinitas
Informasi inilah yang memungkinkan kami untuk benar-benar mengenal audiens kami dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kami dapat memenuhi kebutuhan mereka. - Digital Agency Tangerang

No comments:

Post a Comment