Apa itu persona
audiens?
Digital Agency Tangerang - Persona audiens adalah
karakter fiksi (berdasarkan data nyata dan riset pasar) yang mewakili segmen
audiens target. Mengembangkan persona audiens adalah metode yang digunakan pemasar
dan pembuat konten untuk membantu mereka menerapkan strategi pemasaran yang
solid dan membuat konten yang lebih baik. Dengan mempresentasikan penelitian
yang telah mereka lakukan pada audiens mereka dengan cara yang membuat audiens
menjadi hidup, pencipta dan pemasar lebih mampu memahami siapa yang mereka
targetkan. Idenya adalah ketika Anda dapat mengidentifikasi orang sungguhan
untuk membuat konten (atau layanan dan produk), Anda akan melakukan pekerjaan
yang jauh lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagian besar bisnis
mengembangkan beberapa persona audiens untuk mewakili berbagai jenis pelanggan
yang termasuk dalam target audiens mereka. Tidak ada aturan tentang berapa
banyak yang harus Anda miliki, tetapi saya akan merekomendasikan antara 2 dan
5. Catatan: Anda mungkin pernah mendengar istilah audiens personas, atau Anda
mungkin lebih akrab dengan frasa yang sama, seperti persona pembeli, avatar
pelanggan , target pelanggan, atau profil audiens. Pada dasarnya, (paling tidak
menyangkut bisnis kecil), ini semua adalah hal yang sama. Ada banyak teknik
yang digunakan untuk melakukan riset pasar dan berbagai cara menganalisis dan
menyajikan data yang dikumpulkan.
|
Seperti segala bentuk riset pasar, persona audiens dapat memberi Anda pemahaman yang lebih luas dan lebih dalam tentang audiens target Anda. Tanpa persona audiens (atau segala bentuk riset pasar) Anda berisiko membuang waktu dan uang untuk mengembangkan produk dan layanan yang tidak sesuai dengan target pasar Anda. Terlebih lagi, Anda tidak akan tahu bagaimana dan di mana untuk mencapai target pasar itu. -
Manfaat
menggunakan persona audiens
Manfaat utama dari
mengembangkan persona audiens yang diteliti dengan baik untuk bisnis Anda
meliputi:
·
Identifikasi tantangan, kebutuhan, dan
keinginan pelanggan Anda
·
Memahami apa yang mereka pedulikan dan
apa yang mereka minati
·
Menemukan di mana mereka menghabiskan
waktu mereka
Dan, setelah Anda
mengetahui semua itu, Anda akan dapat mengembangkan produk dan layanan yang
lebih baik yang lebih cocok untuk audiens Anda. Anda juga dapat memasarkan ke
pemirsa itu secara efektif. Pemasaran adalah tentang orang, Anda tahu. Ini
tentang mengenal sekelompok orang tertentu dan belajar sebanyak mungkin tentang
mereka. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan dapat mengubahnya menjadi
pelanggan dan mempertahankannya.
Proses pengembangan
persona audiens biasanya dimulai dengan mengidentifikasi poin data Anda. Anda
harus bertanya pada diri sendiri elemen kunci informasi apa yang akan Anda
temukan tentang audiens Anda. Sebagian besar bisnis, terlepas dari apa produk
atau layanan mereka, akan tertarik mengetahui informasi berikut tentang audiens
mereka:
·
Usia
·
Seks
·
Lokasi
·
Pendapatan
·
pendidikan
·
Keluarga
·
Minat
Di mana segala sesuatu
menjadi sangat menarik, dan di mana Anda dapat menyesuaikan penelitian Anda
sesuai dengan apa yang sesuai untuk bisnis Anda, adalah ketika kami mulai
melihat hal-hal seperti:
·
Tujuan dan impian
·
Tantangan
·
Nilai-nilai
·
Ketakutan
·
Gaya hidup dan rutinitas
Informasi inilah yang
memungkinkan kami untuk benar-benar mengenal audiens kami dan mendapatkan
pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kami dapat memenuhi kebutuhan
mereka. - Digital Agency Tangerang
No comments:
Post a Comment