A. Perubahan Cara Hidup di Era
Digital
Era digital telah mengubah
cara hidup orang di berbagai aspek. Orang cenderung mencari informasi di
internet sebelum melakukan sesuatu. Misalnya membeli sebuah handphone, kita
lebih baik mencari informasi terkait handphone apa yang sebaiknya dibeli dengan
mempertimbangkan segala aspek seperti budget, spesifikasi, maupun brand. Oleh
sebab itu, usaha kecil dan menengah pun mulai terjun dan belajar untuk menjadi
pemain di era digital, memperluas jaringan pasar dengan menggunakan digital
marketing. Berikut 4 persiapan dan cara memulai digital marketing. Digital marketing tangerang
B. Cara Memulai Digital
Marketing
Go digital merupakan langkah
awal untuk memulai digital marketing. Berikut 4 langkah cara memulai digital
marketing.
1. Menentukan Media Internet
Tanpa internet, digital
marketing tidak dapat bekerja. Media internet merupakan media yang digunakan
untuk menyimpan data produk baik barang atau jasa yang kita miliki. Sebaiknya,
kita harus mempunyai minimal satu dari list berikut untuk memulai digital
marketing. Digital marketing tangerang
a. Website
Website dapat digunakan
sebagai media informasi usaha, produk dan kontak yang kita punya.
b. Sosial media
Jenis sosial media untuk usaha
dan produk yang kita miliki, dapat berupa fans page dan akun official. Kita
bisa membuatnya menggunakan Facebook, Instagram, Twitter atau lainnya.
c. Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile dapat
menghasilkan konsumen yang loyal, namun pembuatan aplikasi membutuhkan biaya
yang lebih besar.
d. Akun Marketplace
Marketplace merupakan hal yang
sangat penting, bagi usaha yang menjual produk berupa barang. Dengan mempunyai
akun marketplace, kita bahkan dapat memperoleh konsumen dengan lebih mudah. Hal
ini, dikarenakan marketplace sudah mempunyai penggunaan yang loyal.
2. Menentukan Teknologi dan
Konten
Teknologi dan konten merupakan
hal kedua yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai digital marketing.
Teknologi, dapat memberikan
pengaruh yang besar terhadap performa digital marketing. Misalnya, platform
yang digunakan untuk membuat website, sosial media yang akan digunakan untuk
akun official, dan media iklan yang akan digunakan untuk beriklan.
Konten, berperan untuk
menyampaikan maksud dari digital marketing yang dilakukan. Konten kreatif
banyak digunakan sebagai media iklan di era digital, seperti iklan video dan
gambar bergerak. Baca juga disini
3. Mempertimbangkan Biaya dan
Waktu
Setelah media internet,
teknologi dan konten ditentukan, maka dapat dipertimbangkan biaya dan waktu
yang diperlukan untuk merealisasikan hal tersebut. Misalnya untuk membuat
website memerlukan biaya dan waktu yang lebih sedikit dari pada membangun
aplikasi untuk memasarkan produk.
4. Go Digital
Setelah itu, kita akan lebih siap
ke langkah Go Digital, dengan merealisasikan apa yang telah ditentukan
sebelumnya. Digital marketing tangerang
No comments:
Post a Comment