Monday, January 27, 2020

Digital agency gading serpong - Apa Saja Manfaat Implementasi CRM Dalam Pemasaran?



Menurut anda, Apakah anda pernah mulai kewalahan dalam mengelola segala administrasi bisnis yang berhubungan dengan para pelanggan atau calon pelanggan?  Apabila perusahaan anda mengalami hal-hal tersebut, mungkin ini sudah saatnya untuk menerapkan Customer Relationship Management atau CRM. Digital agency gading serpong



CRM adalah manajemen segala aspek dalam hubungan antara perusahaan dengan calon pelanggannya, yang mengintegrasikan sumber daya manusia, proses bisnis dan teknologi dalam proses manajemennya.

Sumber daya manusia yang dimaksud dalam CRM adalah para karyawan di departemen penjualan dan pemasaran perusahaan, serta para calon pelanggan dan pelanggan. Proses bisnis yang dimaksud adalah proses dan administrasi yang terjadi dimulai dari sejak calon pelanggan mulai berkenalan dengan perusahaan, sampai menjadi pelanggan kemudian loyal terhadap brand terkait. Sedangkan, yang dimaksud dengan teknologi adalah software dan hardware komputer yang berperan dalam mendukung implementasi CRM di perusahaan. Digital agency gading serpong

Tujuan dari implementasi CRM
Tiga tujuan utama dari implementasi CRM adalah :

1. Meningkatkan penjualan dengan menambah pelanggan baru. Implementasi CRM pada prosesnya akan membantu dan mempermudah melakukan konversi para calon pelanggan menjadi pelanggan lainnya.
2. Meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan yang sudah ada.
3. Mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.

Manfaat CRM dalam pemasaran
Implementasi CRM pada perusahaan dapat memberikan banyak manfaat dalam pemasaran, seperti: Baca juga disini
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan administrasi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan para calon pelanggan atau pelanggan. Dengan melakukan implementasi CRM, memungkinkan sebuah perusahaan untuk bisa melakukan administrasi hubungan dengan para konsumen atau pelanggan potensial dengan lebih rapi, hemat waktu dan hemat biaya operasional. Contoh administrasi perusahaan ini seperti, administrasi dokumen elektronis penawaran penjualan, purchase orderinvoice, dan lain sebagainya.

Mempermudah pengelolaan dan meningkatkan kualitas komunikasi perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggan. Bagian lain dari CRM adalah pengelolaan komunikasi perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggan, misalnya saja melalui email atau call center perusahaan.

CRM bisa menghasilkan data dan informasi yang akurat, detail dan penting untuk melakukan analisa dan pembuatan keputusan strategis yang berhubungan dengan pemasaran. Administrasi hubungan dan komunikasi perusahaan dengan para pelanggan yang tercatat dan tersimpan rapi secara elektronis di database software CRM, akan berguna sekali untuk menghasilkan data ataupun informasi yang berguna untuk melakukan analisis dan pembuatan keputusan strategis yang berhubungan dengan pemasaran.

Dapat meningkatkan penjualan. Hubungan dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara perusahaan dengan para calon pelanggan melalui bantuan CRM ini pada akhirnya akan mempermudah perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Digital agency gadingserpong



No comments:

Post a Comment