Menurut
anda, Apakah anda pernah mulai kewalahan dalam mengelola segala administrasi
bisnis yang berhubungan dengan para pelanggan atau calon pelanggan? Apabila perusahaan anda mengalami hal-hal
tersebut, mungkin ini sudah saatnya untuk menerapkan Customer Relationship
Management atau CRM. Digital agency gading serpong
Sumber daya manusia yang dimaksud dalam CRM adalah para karyawan di departemen penjualan dan pemasaran perusahaan, serta para calon pelanggan dan pelanggan. Proses bisnis yang dimaksud adalah proses dan administrasi yang terjadi dimulai dari sejak calon pelanggan mulai berkenalan dengan perusahaan, sampai menjadi pelanggan kemudian loyal terhadap brand terkait. Sedangkan, yang dimaksud dengan teknologi adalah software dan hardware komputer yang berperan dalam mendukung implementasi CRM di perusahaan. Digital agency gading serpong
Tujuan
dari implementasi CRM
Tiga
tujuan utama dari implementasi CRM adalah :
1.
Meningkatkan penjualan dengan menambah pelanggan baru. Implementasi CRM pada
prosesnya akan membantu dan mempermudah melakukan konversi para calon pelanggan
menjadi pelanggan lainnya.
2.
Meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan yang
sudah ada.
3.
Mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.
Manfaat CRM dalam pemasaran
Implementasi CRM pada perusahaan dapat memberikan banyak manfaat
dalam pemasaran, seperti: Baca juga disini
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan administrasi
perusahaan dalam menjalin hubungan dengan para calon pelanggan atau pelanggan. Dengan melakukan implementasi CRM,
memungkinkan sebuah perusahaan untuk bisa melakukan administrasi hubungan
dengan para konsumen atau pelanggan potensial dengan lebih rapi, hemat waktu
dan hemat biaya operasional. Contoh administrasi perusahaan ini seperti,
administrasi dokumen elektronis penawaran penjualan, purchase order, invoice,
dan lain sebagainya.
Mempermudah pengelolaan dan meningkatkan kualitas komunikasi
perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggan. Bagian lain dari CRM adalah pengelolaan
komunikasi perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggan, misalnya saja
melalui email atau call center perusahaan.
CRM bisa menghasilkan data dan informasi yang akurat, detail dan
penting untuk melakukan analisa dan pembuatan keputusan strategis yang
berhubungan dengan pemasaran. Administrasi hubungan dan komunikasi perusahaan dengan
para pelanggan yang tercatat dan tersimpan rapi secara elektronis di database
software CRM, akan berguna sekali untuk menghasilkan data ataupun informasi
yang berguna untuk melakukan analisis dan pembuatan keputusan strategis yang
berhubungan dengan pemasaran.
Dapat meningkatkan penjualan. Hubungan dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara
perusahaan dengan para calon pelanggan melalui bantuan CRM ini pada akhirnya
akan mempermudah perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Digital agency gadingserpong
No comments:
Post a Comment