Digital Marketing Gading Serpong - Di era globalisasi
sekarang ini, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai
teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang
dalam persaingan global. Informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi senjata pokok untuk membangun
negara.
Digital Marketing Gading Serpong |
Teknologi Menurut
Miarso memiliki pengertian proses untuk meningkatkan nilai tambah, proses
tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk, produk yang dihasilkan
tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian
intergal dari suatu sistem. Maka dapat disimpulkan era Teknologi adalah masa
dimana produk selalu didaur atau dicpta untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Keharusan ini
dimungkinkan karena manusia pada dasarnya adalah makhluk kreatif sebagai
sunnatullah atas rasa, cipta, dan karsa yang diberikan maha pencipta kepadanya.
Salah satu teknologi yang sedang mumpuni pada zaman sekarang ini salah satunya
adalah media sosial.
Media Sosial Menurut
Philip Kotler dan Kevin Keller adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai
informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan
perusahaan dan sebaliknya. Media sosial adalah sebuah media online dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Media sosial
sendiri dapat memiliki fungsi yang positif atau negatif, tergantung dari
penggunaannya. Digital Marketing Gading Serpong
Media sosial merupakan
bagian dari internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang
digunakan untuk mempromosikan produk olahan makanan yang digunakan oleh pelaku
usaha. Media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon
secara langsung dengan penggunanya. Dewasa ini sudah mulai banyak bermunculan
akun di media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk olahan makanan
secara lebih luas.
Saragih mengatakan
bahwa media sosial hanyalah salah satu set alat baru, teknologi baru yang
membuat kita lebih efisien dalam berhubungan dan membangun hubungan dengan
pelanggan dan prospek-prospek kita. Sosial media sekarang telah memiliki peran
penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi
informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan
menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis.
Salah satu kunci sukses
bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media
membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan
sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa Anda bisa mengetahui
dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka
gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media. Informasi ini
dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Digital Marketing Gading Serpong
Pelaku bisnis melihat
bahwa pengguna internet menjadi sasaran empuk untuk bisnisnya ke depan. Pada
era sekarang ini semakin lama semakin banyak yang menggunakan media sosial.
Melihat jumlah pengguna yang semakin banyak, media sosial bisa menjadi lahan
untuk menaikkan profit serta memperlebar sayap bisnis.
Periklanan digital
mulai menjadi tren di era internet. Para pemilik merek mulai menjadikan media
digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. Pada dasarnya media
sosial telah mengubah bagaimana konsumen berinteraksi dan bagaimana perusahaan
memasarkan produk. Adanya situs jejaring sosial menjadi peluang usaha yang baik
untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang akan dijual.
Kelebihan yang terdapat
dalam pemasaran melalui sosial media diantaranya sebagai sarana berkomunikasi
dengan konsumen, sebagai media berkolaborasi apabila adanya ketidakpuasan
konsumen, sebagai media promosi, dan membangun merek. Dalam menciptakan
persepsi dalam pemikiran konsumen mengenai suatu produk, jasa atau brand,
dibutuhkan pemikiran yang matang akan media promosi apakah yang cocok dan
efektif, agar persepsi dan image yang ingin disampaikan dapat melekat kuat
dibandingkan produk, jasa atau brand lainnya yang sejenis.
Banyak media promosi
yang dapat digunakan dari mulai yang umum hingga unik atau baru, hingga kini
dimanfaatkan sebagai media promosi, yang ternyata cukup efektif dalam
memperoleh calon konsumen baru. Ada beberapa bidang yang dapat menggunakan
media sosial untuk memperkenalkan produk/jasa/ brand mereka. Maraknya
penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia ini dilirik oleh pemilik
bisnis atau perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya.
Iklan yang dulunya
hanya kita lihat di media konvensional seperti televisi, radio, surat kabar
atau majalah sekarang telah menyebar ke dunia media sosial. Media sosial saat
ini telah dijadikan platform untuk memasarkan produk dan telah digunakan oleh
brand brand terkemuka di dunia seperti Starbucks, Nike, Dell dan lain
sebagainya. Pemasaran melalui media sosial ini disebut social media marketing.
Berdasar Optima Web2 , social media marketing adalah upaya pemasaran online
dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada
social media network (jaringan media sosial) seperti Facebook, Twitter, Instagram
bahkan Youtube sekalipun.
Singkatnya social media
marketing adalah upaya pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai
salurannya. Salah satu media sosial yang populer digunakan dalam social media
marketing adalah Instagram. Instagram merupakan aplikasi photo-sharing yang
sedang digandrungi belakangan ini. Instagram memiliki kekuatan di bidang
visual. Kelebihan Instagram sebagai alat pemasaran adalah Instagram dapat
menyampaikan pesan dari suatu brand melalui foto/gambar atau video berdurasi 15
detik. Instagram kini tidak lagi hadir sebagai selfie-platform atau media
bersosialita dunia maya semata, akan tetapi telah menjadi alternatif baru dalam
melancarkan aksi pemasaran. Digital Marketing Gading Serpong
No comments:
Post a Comment