Tuesday, March 10, 2020

Digital Marketing Tangerang - Mengapa Micro Influencer Sedang Naik Daun? Dan Banyak Digunakan.



Digital Marketing Tangerang - Mungkin seorang Micro influencer tidak memiliki jumlah followers yang sama fantastisnya dengan macro influencer. Tetapi adapula beberapa keuntungan yang didapatkan pemasar saat bekerja sama dengan micro influencer. Diantaranya :

Digital Marketing Tangerang 


Mengeluarkan dana yang lebih efektif
Seorang influencer dengan jumlah followers yang banyak mungkin bisa mencapai jumlah penjualan yang lebih besar, tetapi imbasnya seorang pamasar harus mengeluarkan budget yang cukup tinggi untuk ini.

Jika kamu menggunakan influencer yang terkenal maka budget yang perlu kamu keluarkan lebih besar dibandingkan menggunakan micro influencer. Tidak hanya itu, seorang micro influencer juga lebih terbuka untuk saling bertukar jasa. Misalnya saja, seorang influencer mau saja membuat konten tentang sebuah hotel secara gratis. Tetapi dia dibiarkan menginap beberapa malam di hotel secara gratis.

Menarik engagement yang lebih besar
Hal yang menarik dari bekerja sama dengan micro influencer itu, mereka dapat menarik engagement lebih tinggi jika dibandingkan dengan influencer yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa micro influencer memiliki engagement 60% lebih banyak daripada influencer yang lebih populer. Mengapa begitu? Seorang micro influencer lebih sering berinteraksi dengan para pengikut mereka secara reguler, akhirnya banyak pengikut mereka yang lebih mengenal influencer itu secara personal. Dan ini akan membuat followers mereka lebih tertarik dan percaya dengan rekomendasi influencer tersebut.

Menarik audiens yang lebih spesifik
Seorang macro influencer tentu sudah banyak diajak kerja sama oleh berbagai brand besar, dengan berbagai bidang usaha. Bisa saja hari ini mereka bekerja sama dengan sebuah brand di bidang fashion dan esoknya, bekerja sama dengan produk makanan. Karena memang macro influencer memiliki daya tarik tinggi bagi para pemasar di berbagai bidang untuk diajak bekerja sama.

Tetapi, untuk membuat sebuah konten yang disukai oleh semua orang itu tidaklah mudah. Karena masyarakat di luar sana memiliki seleranya masing-masing. Dan hal ini membuat macro influencer tidak bisa menargetkan secara spesifik siapa yang akan tergugah melalui konten yang mereka sampaikan tersebut.

Berbeda dengan seorang micro influencer yang lebih terfokus untuk membuat sebuah konten yang memang mereka minati. Mereka menghabiskan banyak waktu agar konten yang dibuat tadi benar-benar bagus dan mencerminkan kepribadian mereka, di satu sisi, konten seperti ini terkesan lebih jujur dan meyakinkan. Dengan begitu masyarakat bisa lebih percaya dengan pesan yang disampaikan oleh seorang micro influencer, karena mereka merasa memiliki kedekatan berdasarkan kesamaan minat tersebut.
Jika ada yang masih ingin kamu tanyakan atau konsultasikan bisa hubungi kami di Digital Marketing Tangerang.

No comments:

Post a Comment