Digital Agency Tangerang - Dalam
penentuan budget iklan, kita mengenal berbagai metode penentuan budget iklan
sebagai berikut :
Digital Agency Tangerang |
1. Metode Advertising to Sales
(A/S atau persentase sales).
Pada umumnya, para pemilik
brand memiliki estimasi penjualan pada tahun berikutnya dimana proporsi
tertentu dari penjualan tersebut akan ditetapkan sebagai biaya iklan. Dalam
metode ini, budget tahun sebelumnya seringkali digunakan sebagai referensi.
Kelebihan dari metode ini adalah mudah digunakan, mudah diajukan dan
dipertahankan di hadapan manajemen. Selain itu metode ini sangat relevan
digunakan untuk brand yang berdaya jual tinggi, dan metode ini sangat baik
digunakan dalam menuntun para manager menetapkan rasio antara penjualan, biaya
iklan dan untung (profit).
2. Metode Advertising to
margin.
Metode ini menuntun pemilik
brand menentukan budget berdasarkan perolehan gross margin setiap tahun.
Sebagai contoh, kalau gross margin setiap unit sebesar Rp. 1,000 dan jumlah
penjualan diprediksi sebesar 10 juta unit, dan proporsi iklan dialokasikan sebesar
5 persen maka biaya iklan menjadi 0.05 x Rp 1000 x 10,000,000 atau sebesar
500,000,000.
3. Metode perbandingan
terhadap estimasi penjualan dan biaya iklan dalam satu kategori.
Budget iklan dihitung
berdasarkan estimasi penjualan dan biaya iklan total dari seluruh brand dalam
satu kategori. Metode ini mampu mencegah biaya iklan untuk tidak lebih rendah
dibanding rata-rata biaya iklan kategori. Brand-brand besar yang bersaing
secara ketat dalam satu kategori yang dihuni oleh sejumlah brand yang beriklan
secara aktif, biasanya menggunakan metode ini dalam rangka menghindari
kehadiran brand (media brand presence) yang terlalu rendah dibanding
brand-brand lain dalam satu kategori.
4. Metode berdasarkan jumlah
outlet.
Metode ini sering digunakan
oleh berbagai brand retail yang penjualannya berada di berbagai outlet yang
sangat tersebar. Penentuan dan proporsi budget iklan ditetapkan berdasarkan
penjualan rata-rata setiap outlet. Kelemahan metode ini adalah kurangnya budget
iklan yang akan dialokasikan ke suatu daerah yang outletnya terbatas namun
sesungguhnya berpotensi baik dari segi penjualan. Namun biasanya hal ini
diatasi dengan subsidi silang antar outlet.
5. Metode inflasi.
Metode ini mengarahkan
financial planner dan atau brand manager menetapkan naik turunnya budget
berdasarkan inflasi, dan penetapan ini biasanya tidak mengikuti naik turunnya
perolehan sales. Artinya, sekalipun sales mengalami penurunan maka biaya iklan
biasanya tidak terpengaruh bahkan bisa dinaikkan kalau terjadi inflasi. Digital Agency Tangerang
No comments:
Post a Comment