Wednesday, March 11, 2020

Digital Agency Tangerang - Metode Penentuan Budget Iklan Yang Benar!



Digital Agency Tangerang - Dalam penentuan budget iklan, kita mengenal berbagai metode penentuan budget iklan sebagai berikut :


Digital Agency Tangerang

1. Metode Advertising to Sales (A/S atau persentase sales).
Pada umumnya, para pemilik brand memiliki estimasi penjualan pada tahun berikutnya dimana proporsi tertentu dari penjualan tersebut akan ditetapkan sebagai biaya iklan. Dalam metode ini, budget tahun sebelumnya seringkali digunakan sebagai referensi. Kelebihan dari metode ini adalah mudah digunakan, mudah diajukan dan dipertahankan di hadapan manajemen. Selain itu metode ini sangat relevan digunakan untuk brand yang berdaya jual tinggi, dan metode ini sangat baik digunakan dalam menuntun para manager menetapkan rasio antara penjualan, biaya iklan dan untung (profit).

2. Metode Advertising to margin.
Metode ini menuntun pemilik brand menentukan budget berdasarkan perolehan gross margin setiap tahun. Sebagai contoh, kalau gross margin setiap unit sebesar Rp. 1,000 dan jumlah penjualan diprediksi sebesar 10 juta unit, dan proporsi iklan dialokasikan sebesar 5 persen maka biaya iklan menjadi 0.05 x Rp 1000 x 10,000,000 atau sebesar 500,000,000.

3. Metode perbandingan terhadap estimasi penjualan dan biaya iklan dalam satu kategori.
Budget iklan dihitung berdasarkan estimasi penjualan dan biaya iklan total dari seluruh brand dalam satu kategori. Metode ini mampu mencegah biaya iklan untuk tidak lebih rendah dibanding rata-rata biaya iklan kategori. Brand-brand besar yang bersaing secara ketat dalam satu kategori yang dihuni oleh sejumlah brand yang beriklan secara aktif, biasanya menggunakan metode ini dalam rangka menghindari kehadiran brand (media brand presence) yang terlalu rendah dibanding brand-brand lain dalam satu kategori.

4. Metode berdasarkan jumlah outlet.
Metode ini sering digunakan oleh berbagai brand retail yang penjualannya berada di berbagai outlet yang sangat tersebar. Penentuan dan proporsi budget iklan ditetapkan berdasarkan penjualan rata-rata setiap outlet. Kelemahan metode ini adalah kurangnya budget iklan yang akan dialokasikan ke suatu daerah yang outletnya terbatas namun sesungguhnya berpotensi baik dari segi penjualan. Namun biasanya hal ini diatasi dengan subsidi silang antar outlet.

5. Metode inflasi.
Metode ini mengarahkan financial planner dan atau brand manager menetapkan naik turunnya budget berdasarkan inflasi, dan penetapan ini biasanya tidak mengikuti naik turunnya perolehan sales. Artinya, sekalipun sales mengalami penurunan maka biaya iklan biasanya tidak terpengaruh bahkan bisa dinaikkan kalau terjadi inflasi. Digital Agency Tangerang

No comments:

Post a Comment