Tuesday, March 10, 2020

Digital Agency Gading Serpong - Influencer Marketing : Bagaimana KPI ITU?




KPI atau Key Performance Indicators adalah suatu ukuran yang menentukan apakah sebuah strategi pemasaran yang dijalankan dapat membantu sebuah brand untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditentukan. Walaupun di dalam kampanye pemasaran banyak yang bisa dipantau, tetapi KPI dianggap hal yang paling penting untuk mengukur kesuksesan sebuah campaign.

Digital Agency Gading Serpong


Traffic Pada Website
Mengetahui jumlah traffic merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengetahui dampak dari kampanye influencer marketing yang dijalankan. Karena dengan melihat pertumbuhan traffic, Anda dapat mengetahui seberapa banyak orang yang berhasil diajak masuk oleh para Influencer ke dalam website Anda. Dan Anda dapat mengukur pertumbuhan traffic ini dengan menggunakan Google Analytics.

Memang tidak ada patokan berapa jumlah kenaikan persentase yang bisa menggambarkan sebuah kesuksesan sebuah campaign. Tetapi melalui kampanye influencer marketing-nya, Klean plate’s bisa meningkatkan jumlah traffic-nya sebesar 204%.

Brand Awareness
Tentunya sebagai brand, Anda ingin mengetahui bagaimana sentimen masyarakat terhadap produk dan servis Anda. Baik itu tanggapan yang positif ataupun negatif. Jumlah rasio antara reaksi postif dan negatif menjadi hal penting yang perlu diukur KPI. Semakin besar rasio tanggapan postif Anda, berarti semakin baik seorang influencer menarik hati para audiens.

KPI penting lain, yang perlu Anda pantau adalah seberapa sering frekuensi masyarakat menyebut brand Anda. Dengan membandingkan content views saat ini dengan content views bulan-bulan sebelumnya, membuat Anda mengetahui apakah konten yang dibuat infuencer itu berdampak bagi masyarakat.

Engagement Rates
Apa saja yang perlu diukur untuk mengetahui engagement dari influencer?

Clicks -  Melalui jumlah klik Anda dapat mengetahui seberapa besar minat audiens terhadap konten Anda.

Likes - Mengetahui jumlah likes merupakan cara termudah bagi Anda untuk mengukur seberapa besar apresiasi audiens terhadap konten Anda.

Shares - Indikasi lain dari kualitas konten adalah jumlah Share. Jika seseorang merekomendasikan konten Anda ke sosial media, mereka akan mempunyai keinginan lebih untuk merekomendasikan produk Anda juga.

Comments - Komentar di media sosial menjadi tanda apakah audiens menyukai konten Anda atau tidak.

Brand Mentions - mengukur seberapa banyak brand Anda disebutkan oleh masyarakat akan memudahkan Anda untuk menelusuri di mana saja konten Anda diperbincangkan.

Jika masih ada yang ingin anda tanyakan atau konsultasikan bisa menghubungi kami di Digital Agency GadingSerpong.

No comments:

Post a Comment