Thursday, August 12, 2021

Digital Agency Tangerang - Lebih Bagus Yang Mana: Google Vs Facebook Vs Instagram?



Digital Agency Tangerang - Seringkali banyak orang langsung promosi atau menjalankan strategi online marketing tertentu tanpa mengetahui karakteristik produk/jasa yang mereka jual dan juga tidak tahu kelebihan dari masing-masing platform.

Digital Agency Tangerang 


Nah, di artikel ini saya ingin menjelaskan secara singkat mana yang paling cocok untuk bisnis anda, apakah melakukan online marketing di Google, Facebook atau Instagram?

Apa produk dan jasa yang cocok di Google?
Orang datang ke Google dengan niat ingin mencari sesuatu, mereka mengetikkan keyword/kata kunci dari apa yang ingin mereka cari. Bisa informasi atau musik, film dan sejenisnya atau bisa juga produk atau jasa yang mereka butuhkan atau inginkan.

Jadi orang datang ke Google, sudah tahu apa yang mereka butuhkan atau inginkan. Sehingga kalau Anda menjual produk atau jasa yang orang memang butuhkan atau inginkan, maka Google adalah tempat yang tepat bagi bisnis Anda untuk  melakukan online marketing.

Lalu produk seperti apa yang TIDAK COCOK untuk di promosikan via Google?
Secara umum ada 2 kategori produk yang kurang bagus dipromosikan via Google yaitu:

1. Produk yang tidak dibutuhkan atau dicari orang secara khusus seperti fashion (baju, tas, sepatu, aksesoris dll). Biasanya orang tidak mencari produk-produk ini secara khusus, tetapi kalau melihatnya, orang jadi tertarik beli. Para wanita biasanya begitu kan? Gak ada rencana beli baju, eh lihat ada baju bagus, jadi beli he..he.. Kalau yang sudah punya istri, pasti setuju 🙂

2. Produk unik atau produk yang belum diketahui oleh orang banyak. Jadi orang tidak tahu ada produk seperti itu. Misal mug dengan model lensa kamera DSLR. Orang tidak tahu ada produk seperti itu dan juga tidak terlalu dibutuhkan sehingga mereka tidak mencarinya di Google, tapi kalau melihat, mungkin penggemar fotografi akan membelinya 🙂

Apa Produk dan Jasa yang Cocok di Facebook?
Nah bagaimana kalau Anda menjual produk seperti fashion, produk unik atau produk yang belum diketahui banyak orang?
Maka Anda harus masuk ke platform seperti Facebook dimana Anda bisa menampilkan gambar (atau video) dari produk/jasa Anda sehingga saat orang melihatnya mereka jadi tertarik.

Itu sebabnya kenapa menjual fashion (baju, aksesoris, tas, sepatu dll) di Facebook biasanya akan bagus karena beli fashion sifatnya adalah impulse buying atau bisa membuat yang lihat kepingin lalu beli, padahal gak ada rencana beli sebelumnya.

Apa Produk dan Jasa yang Cocok di Instagram?
Nah bagaimana dengan Instagram? Lagi banyak orang di Indonesia yang lagi suka pakai Instagram. Jualan pun juga rame di Instagram dan pasti pernah dengar banyak orang yang sukses dapat omset besar dari cuma jualan di Instagram.
Apakah artinya Anda harus aktif dan lakukan marketing di Instagram?
Jawabannya adalah tergantung 🙂

Sama seperti Facebook, Instagram  menggunakan foto/gambar karena sebenarnya merupakan media sosial untuk picture/gambar dan sekarang video juga.
Jadi mirip dengan Facebook, Instagram cocok untuk produk-produk yang kalau orang lihat, jadi tertarik, seperti fashion (baju, aksesoris, sepatu dll).

Dan satu hal yang harus Anda ketahui adalah 50% pengguna Instagram di Indonesia adalah umur 18-24 tahun. Hampir 25% antara 25-34 tahun. Mayoritas 56% adalah wanita.
Jadi menjual obat atau produk kesehatan untuk usia lanjut, sudah pasti tidak akan laku 🙂
Dari pembahasan diatas, Jika masih ada yang ingin kamu tanyakan atau konsultasikan mengenai platform social media yang bagus kamu bisa hubungi kami di Digital Agency Tangerang.




















No comments:

Post a Comment