Friday, May 5, 2023

Digital Agency Jakarta - Pengertian Brand Positioning


Digital Agency Jakarta - Menurut The Branding Journal, brand positioning adalah sebuah penggambaran suatu brand dalam benak customer yang berbeda dari pesaingnya. Strategi ini berusaha menciptakan asosiasi brand di benak customer untuk membuat mereka melihat brand dengan cara tertentu. 

Sedangkan menurut Forbes, brand positioning adalah sebuah proses memperkenalkan brand ke publik dan menjadikannya sebagai sesuatu yang layak untuk dipikirkan. 

Brand positioning mengacu pada keunikan yang dihadirkan kepada customer oleh suatu brand . Dengan strategi pemasaran tersebut, sebuah brand dapat membangun identitas merek serta menyampaikan value proposition yang mereka tawarkan. 

Ketika membangun positioning merek, penting untuk mempertimbangkan hal-hal di bawah ini: 
  1. Siapa target pasar atau pelanggan Anda? 
  2. Apa kategori produk atau layanan Anda? 
  3. Apa manfaat dan dampak terbesar dari produk atau layanan Anda? 
  4. Apa bukti dari manfaat dan dampak tersebut? 
Dengan menjawab pertanyaan tersebut, sebuah brand dapat mendistribusikan value proposition dengan tepat. Terutama, dalam memberikan nilai brand kepada target pelanggannya. 

Lalu, kenapa strategi ini penting dalam bisnis?

Positioning merek penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki cara yang jelas dan tepat dalam menyampaikan brand value mereka kepada pelanggan. 

Dengan membentuk preferensi konsumen, strategi ini secara langsung berkaitan dengan loyalitas konsumen, ekuitas merek berbasis konsumen, dan kemauan untuk membeli brand. 

Brand positioning yang efektif mengacu pada sejauh mana sebuah brand dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di benak customer.

No comments:

Post a Comment