Friday, May 5, 2023

Digital Agency Jakarta - 3 Jenis Brand Positioning


Digital Agency Jakarta - Untuk membangun brand yang kuat, logo atau tagline saja tidaklah cukup. Anda perlu memikirkan bagaimana brand Anda dapat dilihat dan diingat oleh audiens. Itulah pentingnya menentukan posisi dan memastikan brand Anda menarik bagi target audiens yang tepat.

Berikut adalah 3 jenis menurut Digital Agency Jakarta :

1. Price-Based Positioning 
Jenis strategi brand positioning yang pertama adalah price-based positioning. Sebuah perusahaan memakai strategi ini untuk menawarkan produk atau layanan sebagai pilihan dengan harga yang terjangkau. Ketika Anda memposisikan produk dengan harga termurah di pasar, maka Anda dapat membangun basis pelanggan yang besar. 
Namun, ada resiko yang harus Anda terima, yaitu mengenai persepsi pelanggan terhadap kualitas rendah dari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga bisa mengalami masalah ekonomi yang akan menghambat proses strategi positioning dari waktu ke waktu. 

2. Convenience-Based Positioning 
Selanjutnya, strategi positioning brand yang banyak digunakan perusahaan besar adalah Convenience-Based Positioning. Strategi satu ini menyoroti mengapa produk atau layanan pelanggan milik perusahaan lebih nyaman digunakan dibandingkan milik pesaing. 

Kenyamanan ini bisa didasarkan pada faktor-faktor, seperti lokasi, ease-of-use, aksesibilitas yang luas, hingga dukungan berbagai platform. Dengan memposisikan produk atau layanan sebagai yang paling nyaman, maka secara otomatis akan menarik konsumen. Strategi ini juga dapat membenarkan penentuan harga yang lebih tinggi dari produk dan layanan perusahaan. 

3. Quality-Based Positioning 
Umumnya, perusahaan menerapkan strategi Quality-Based Positioning ketika mereka ingin menekankan kualitas produk atau layanan. Seringkali dengan menawarkan kualitas premium, harga yang ditetapkan juga tinggi. 

Tingkat kualitas produk dapat ditunjukkan dengan proses pembuatan yang luar biasa, jumlah produksi yang kecil, bahan berkualitas tinggi, hingga praktik berkelanjutan yang menjadikan lebih mahal untuk di produksi.  Selain itu, kualitas layanan dapat ditunjukkan dengan ROI yang tinggi dan testimoni pelanggan yang puas dengan layanan yang diberikan perusahaan.

No comments:

Post a Comment