Friday, May 5, 2023

Digital Agency Depok - Pengertian Citra Merek


Digital Agency Depok - Brand image (citra merek) merujuk pada pandangan atau kesan yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu brand. Konsep ini mengacu pada kumpulan asosiasi unik yang terbentuk di benak konsumen terhadap merek tersebut. 

Brand image mencerminkan bagaimana brand dikenal dan diapresiasi oleh konsumen maupun non-konsumen. 

Secara sederhana, brand image terdiri dari keyakinan yang dianut oleh konsumen terhadap suatu brand. Hal ini sejalan dengan persepsi mereka terhadap produk atau layanan tertentu. 

Selain itu, brand image juga menggambarkan posisi suatu brand di pasar, tidak hanya secara fisik tetapi juga nilai dan sisi emosional yang dihadirkannya. 

Dalam dunia bisnis, citra merek memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sebuah citra merek yang kuat dapat menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. 

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami citra merek mereka dan mengelola brand mereka dengan hati-hati untuk membangun citra yang positif di mata konsumen. 

Dari perspektif pengusaha, citra merek adalah upaya pertama dalam memperkenalkan produk atau layanan kepada konsumen. Setelah itu, strategi marketing akan dikembangkan untuk menjaga daya saing dan stabilitas perusahaan di pasar yang semakin ketat. 

Selain itu, terdapat juga sejumlah pengertian brand image menurut para ahli yang dapat memperkuat implementasi konsep ini dalam dunia bisnis. 

Menurut Philip Kotler, pengertian brand image adalah ide, kesan, atau bahkan keyakinan seseorang terhadap sebuah merek (brand). 
Sementara, pengertian brand image menurut Keller adalah pola pikir konsumen tentang suatu brand yang terlihat oleh asosiasi merek pada benak mereka.

No comments:

Post a Comment