Digital Agency Tangerang - Memahami cara kerja search engine adalah hal utama yang harus anda ketahui sebelum melakukan SEO. Dengan mengetahui bagaimana cara kerja sebuah mesin pencari, maka anda dapat mempelajari bagaimana cara untuk mengakali mesin pencari tersebut agar website anda masuk ke halaman pertama di hasil pencariannya.
Digital Agency Tangerang |
Cara Kerja Search
Engine
Tugas utama Search
Engine adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan query atau
keyword yang dicari oleh user. Nah, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan si
user, maka hasil pencarian tentu harus relevan dengan keyword yang dicari user
tersebut. Tantangannya adalah, bagaimana si Search Engine tersebut bisa menilai
“relevansi”? Bagaimana search engine yang notabene hanyalah sebuah “mesin” bisa
menentukan “relevansi” yang sifatnya subyektif?
Bayangkan, dari sekian
banyak website di dunia yang isinya tentang “sepatu”, bagaimana si mesin ini
bisa menentukan website yang satu lebih relevan dibanding website yang lain, sehingga
yang satu tersebut kemudian masuk ke halaman pertama sementara website yang
lain justru masuk di halaman kedua?
Teknik Revelansi Mesin
Pencari Google
Dalam menentukan
relevansi ini, Search Engine (dalam hal ini Google) pertama-tama akan
mengumpulkan dahulu (crawling) website-website yang jumlahnya ada milyaran
menggunakan engine milik Google sendiri yang kemudian disebut spider. Setelah
itu, website-website tersebut akan dikategorikan dan disusun berdasarkan
kontennya (indexing). -
Dari milyaran website
yang telah terindex tersebut, Google kemudian menggunakan algoritma (suatu
kalkulasi matematika yang sangat rumit) untuk menilai website yang mana yang
paling relevan dibandingkan website lainnya untuk suatu keyword tertentu yang
dicari user melalui mesin pencari. Dalam menentukan relavansi tersebut, Google
menggunakan sekitar 200 lebih komponen parameter yang diperhitungan dalam
proses seo, yang kalau dirangkum menjadi 3 kategori utama, yaitu:
Link : Berapa banyak
link yang mengarah ke website Anda? Seberapa relevan link tersebut?
Konten : Apakah website
Anda memiliki konten yang relevan dengan query yang dicari? Apakah kontennya
banyak atau sedikit? Apakah kontennya adalah duplikat semua?
Struktur Web : Apakah
struktur website Anda mudah di-crawl oleh Google? Apakah struktur website Anda
sudah dipilah-pilah berdasarkan kategori yang paling sesuai? Apakah banyak link
mati di website Anda?
Maka, hal pertama yang
harus dilakukan dalam proses SEO nantinya adalah bagaimana anda membenahi 3
paramater ini sehingga nantinya Google melihat nilai website anda lebih tinggi
daripada website lainnya. Selain itu masih banyak sekali parameter lainnya yang
harus anda perhatikan, yang akan kita bahas dalam postingan berikutnya. -
No comments:
Post a Comment