Friday, May 27, 2022

Digital Agency Jakarta - 2022 Sedang Trend Apa? Adakah Yang Tahu?


Digital Agency Jakarta - Kalian sadar tidak, kalau belakangan ini banyak brand yang melakukan kolaborasi?

Kita ambil contoh yang belum lama ini marak dibicarakan, McDonald’s X BTS yang meluncurkan BTS Meal. Setelah McDonald’s memberikan spoiler bahwa mereka akan berkolaborasi dengan BTS, publik langsung ramai membicarakan hal ini. Mengapa demikian?

Ketika brand melakukan kolaborasi, hal tersebut mendorong dan meningkatkan minat konsumen karena rasa penasaran. Ditambah McDonald’s dan BTS memiliki banyak penggemar sehingga kolaborasi ini berhasil menarik perhatian publik.

Brand-brand yang melakukan kolaborasi sadar bahwa dengan melakukan kerja sama tersebut, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan. Lalu, apa saja keuntungan dari kolaborasi brand?

  • Brand Growth
    Salah satu manfaat dari kolaborasi brand yang dapat dirasakan adalah growth atau pertumbuhan brand. Misalnya Brand A berkolaborasi dengan Brand B yang terkenal. Brand A yang sebelumnya tidak begitu dikenal dengan baik oleh publik kemudian menjadi dikenal karena terbawa oleh pengaruh Brand B.

  • Memperluas Pasar & Meningkatkan Penjualan
    Kolaborasi antara 2 brand atau lebih tentu saja membuat pasar semakin luas. Coba bayangkan penggemar McDonald’s yang sejak awal sudah banyak di seluruh dunia, ditambah dengan penggemar BTS yang tidak kalah banyak. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi kedua belah pihak. Bagi McDonald’s, mereka mendapat pasar baru dan meningkatkan penjualan. Sedangkan bagi BTS, mereka semakin banyak mencuri perhatian publik bahkan ada yang menjadi penggemar setelah kolaborasi ini terjadi.

  • Menciptakan Marketing Buzz di Media
    Jika kolaborasi antarbrand memiliki produk yang memiliki keunikan tersendiri, maka kolaborasi tersebut berpotensi menjadi viral di masyarakat. Tingginya tingkat penggunaan media juga membuat kolaborasi tersebut lebih mudah viral di masyarakat karena cepatnya penyebaran berita. Hal ini sangat menguntungkan bagi brand karena mereka mendapat pemasaran secara gratis dari publik.

No comments:

Post a Comment